Beranda > Kesehatan > Depresi Ubah Pandangan Mata Jadi ‘Abu-Abu’

Depresi Ubah Pandangan Mata Jadi ‘Abu-Abu’

Dunia menjadi abu-abu saat seseorang depresi. Ilmuwan telah menemukan alasannya yakni depresi memiliki efek pada mata sehingga sulit mendeteksi warna hitam dan putih.

Ilmuwan Jerman melakukan uji retina pada pasien di mana menunjukkan efek yang sama dengan penurunan kontras saat menoton televisi. Efek ini diyakini ilmuwan dapat pula membantu mengetahui kadar depresi seseorang.

Informasi ini dapat menjadi alasan mengapa sejalannya penambahan usia dengan tanpa melihat kebiasaan atau bahasa yang digunakan seseorang, kebanyakan artis secara konsisten menunjukkan depresi mereka dengan menggunakan simbol baju gelap atau abu.

Studi itu dilakukan oleh Dr Ludger Tebartz van Elst dan para peneliti lainnya di University of Freiburg, dilaporkan pada jurnal Biological Psychiatry.

Dr John Krystal yang mengedit jurnal ini, seperti dikutip dari Daily Mail, mengatakan, “Data ini menitikberatkan pada pentingnya cara pengalihan depresi seseorang untuk menghadapi dunia.”

Puisi William Cowper mengatakan bahwa hidup seseorang memiliki berbagai tampilan. Namun saat seseorang depresi, maka mereka tidak bisa menangkap kontras visual dunia sehingga kekurangan ini akan membuat dunia tampak kurang menyenangkan.

Tim Jerman mengukur respon elektirk untuk mengukur aktifitas retina dalam dua kelompok orang yang depresi dan tidak. Retina yang ada pada bagian belakang mata memiliki sel sensitif. Sel ini mengubah sinyal menjadi pesan saraf sehingga seseorang dapat melihat objek tertentu.

Pasien depresi mengalami penurunan tingkat kontras retina yang dramatis. Namun, mereka tidak memiliki perbedaan bentuk pandangan saat diberikan obat anti-depresi.

Dr Tebartz van Elst mengatakan, “Metode ini dapat berubah menjadi alat yang berharga untuk mengukur keadaan depresi karena dapat didiagnosa secara medis dan terapi depresi.”

Kategori:Kesehatan Tag:
  1. 7 Mei 2013 pukul 14:24

    Greetings! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having trouble finding one?
    Thanks a lot!

  2. 2 Maret 2016 pukul 17:14

    hi brilliant blog I’m a big bingo player from Manchester

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: