Beranda > internet, Teknologi > Google uji mobil tanpa pengemudi

Google uji mobil tanpa pengemudi

Bagaimana bila naik mobil tanpa kita harus nyetir, inilah konsep yang dikembangkan oleh Google. Mobil yang bisa secara otomatis berjalan sendiri tanpa harus ada sopir. Para insinyur Google sudah melakukan uji coba mobil yang dikemudikan secara otomatis di jalanan California. Mobol-mobil itu menggunakan kamera di atapnya, sensor radar, dan juga laser untuk melihat penguna lalu lintas lainnya, seperti diumumkan insinyur perangkat lunak Google, Sebastian Thrun.

Inilah mobil otomatis yang di uji coba Google kemarin

Memang masih tetap ada pengemudi yang terlatih di dalam mobil dan juga ahli perangkat lunak, yang siap mengambil alih kendali jika diperlukan. Goggle berharap mobil-mobil mereka kelak bisa akan mengurangi kepadatan lalu lintas dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Dalam blog resmi perusahaan, Thrun mengatakan mobil-mobil yang berjalan sendiri tersebDetailsut sejauh ini sudah menjelajahi 140.000 mil jalanan. Mereka juga sudah melintasi jembatan San Fransisco yang terkenal, Golden Gate, mengatasi jalanan yang naik turun, melintas dari satu kantor Google ke kantor yang lain, dan berkeliling Danau Tahoe dalam sekali jalan.

Kepada The New York Times, para insinyur mengatakan bahwa perjalanan di jalan berkecepatan tinggi umumnya bebas masalah, kecuali satu mobil yang ditabrak dari belakang pada saat lampu merah. Jalur perjalanan mobil-mobil itu sudah direncanakan dan petanya disusun oleh pengemudi sementara kepolisian mendapat informasi lebih dulu.

Thrun mengutip angka dari Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, yang memperlihatkan lebih dari 1,2 juta orang tewas di jalan raya setiap tahunnya di seluruh dunia dan jumlah itu seharusnya bisa dikurangi. “Kami percaya teknologi kami memiliki potensi untuk mengurangi itu, mungkin sampai setengahnya.”

“Proyek ini masih dalam tahap percobaan, namun memberikan pandangan tentang bagaimana transportasi di masa depan dan hal itu dimungkinkan karena ilmu komputer yang canggih. Masa depan itu amat menggembirakan,” tuturnya. Google belakangan ini dengan cepat melakukan pengembangan ke luar dari bisnis inti sistem pencarian di internet. Industri tersebut kini menaruh perhatian dalam layanan lokasi, melalui Google Maps dan Google Street View.
Ref: BBC dan AFP

sumber :http://ruanghati.com/2010/10/11/google-uji-coba-mobil-otomatis-tanpa-pengemudi/

Kategori:internet, Teknologi Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: