Beranda > Uncategorized > Apakah WikiLeaks akan Bertahan?

Apakah WikiLeaks akan Bertahan?

Headline

INILAH.COM, London – Pendirinya adalah orang yang paling dicari, sistemnya diserang banyak pihak, selain itu dikutuk oleh banyak negara. Apakah situs Wikileaks akan bertahan?

Masa depan WikiLeaks tak pasti, namun situs ini telah memicu alarm ke seluruh pemerintah global saat merilis kabel diplomatik rahasia Amerika Serikat (AS). Karenanya, situs ini menghadapi serangan di dunia maya dan di tataran hukum.

Situs ini diserang hacker dari AS. Sedangkan pendiri situs ini Julian Assange di persembunyiannya menghadapi tuduhan pelanggaran seksual. “Apapun yang terjadi pada nama domain dan organisasi, pembocoran oleh WikiLeaks akan terus berlanjut,” kata direktur Nieman Jurnalism Lab, Joshua Benton.

Pakar keamanan data Ben Laurie juga mengatakan hal serupa. Laurie adalah orang yang memberi saran pada WikiLeaks sebelum peluncurannya pada 2006. “Konsep ini tak akan mati. Sangat sulit merahasiakan sesuatu ketika semuanya ingin keluar,” katanya.

Hinggi kini hanya sedikit hal yang diketahui menyangkut fungsi sehari-hari WikiLeaks. Lembaga ini tak memiliki kantor pusat dan hanya memiliki sedikit staf. Meski Assange ada dalam sampul harian dan majalah di seluruh dunia, namun ia belum muncul di muka umum satu bulan terakhir.

Assange juga pernah menjadi subyek keluarnya surat perintah penangkapan otoritas Swedia. Dalam surat ia dituduh melakukan perkosaan, pelecehan seksual dan pemaksaan yang melanggar hukum. Jika polisi Inggris menangkapnya, mungkin ia akan terjebak pertarungan panjang hukum legal melawan ekstradisi dan bisa dipenjara.

Assange menyangkal tuduhan itu, pengacaranya Mark Stephens mengatakan hal itu berawal dari “sengketa seks tanpa kondom”. Assange juga memiliki banyak musuh kuat di AS, terutama setelah merilis ribuan rahasia perang Irak dan Afghanistan awal tahun ini. Hal itu membuat politisi AS menyerukan penuntutan spionase.

Mantan calon wakil presiden AS dari Republik Sarah Palin protes di Facebook mengatakan, mengapa ia tak dikejar dengan urgensi yang sama ketika mengejar al-Qaeda dan pemimpin Taliban?

“Pada akhirnya, harus ada yang bertanggung jawab pada publik dan hanya pemimpin berani yang mau mengambil risiko untuk kebaikan yang lebih besar,” katanya. “Saya mendapat serangan di tiap aspek kehidupan saya, namun saya juga mendapat kredit untuk menyeimbangkan kekuatan”.

Namun, mereka yang bekerja dengan Assange mengatakan karisma dan semangatnya jelas. “Anda seperti merasa berbicara dengan persona dari film ‘Matrix’,” kata legislator Islandia Robert Marshall. “Namun, semangat kebebasan berekspresi dan hak-hak wartawan sangat nyata bagi saya.”

Laurie menggambarkan Assange sebagai orang ‘culun, sangat cerdas, dan sangat menarik untuk diajak bicara’. “Saya tahu banyak orang culun dan lebih aneh dari Assange,” kata Laurie.

Tekanan pada situs ini bertambah letika WikiLeaks merilis seperempat juta kabel diplomatik rahasia pekan ini. Amazon.com Inc., penyedia server WikiLeaks telah mengusir situs itu dengan mengatakan telah melanggar syarat pelayanan.

Situs ini kemudian menggunakan penyedia server Swedia, Bahnhof AB. Keesokan harinya, setelah mengalami serangan, penyedia sistem domain Amerika menarik wikileaks.org.

Penyedia layanan everyDNS mengatakan serangan itu mengancam seluruh jaringan. Akibatnya WikiLeaks menanggapinya dengan pindah ke nama domain Swiss, wikileaks.ch. Pada Jumat, pemerintah Perancis melarang server WikiLeaks di negara itu. WikiLeaks sendiri mulai kekurangan dana, terlihat dari situs dan Twitternya yang meminta donasi.

Juru bicara Kristinn Hrafnsson mengatakan, organisasi ini mendirikan badan hukum di Swedia dan Perancis sebagai basis pelaksanaan tugas seperti pembukaan rekening bank. Baru-baru ini pemerintah Islandia mengeluarkan resolusi mendukung rancangan undang-undang yang bertujuan mengubah negara kecil ini menjadi surga jurnalistik.

Selain itu, Islandia ingin memberi perlindungan tingkat tinggi kepada jurnalis investigatif dan sumbernya. Pendukung berharap inisiatif ini bisa menjadi hukum tahun depan. UU seperti ini bisa melindungi situs seperti WikiLeaks.

Assange mengatakan WikiLeaks telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan situs itu tak dibungkam. Situs ini telah mengirim materi ‘Cablegate’ dan dokumen-dokumen rahasia lain terenkripsi “pada lebih dari 100 ribu orang”. “Jika sesuatu terjadi, bagian-bagian utamanya akan dirilis secara otomatis,” katanya. “Sejarah akan menang.”

Federation of American Scientists untuk kebijakan kerahasiaan pemerintah Steven Aftergood mengatakan, “Saya rasa konsep dasarnya memiliki masa depan. Keutamaan transparansi dan akuntabilitas pemerintah akan dikenal luas. Apakah itu menjadi WikiLeaks Julian Assange atau orang Jerman baru atau inisiatif lain,” katanya.

Direktur Lab Nieman Benton mengatakan pemerintah AS harus mengembangkan respon di luar ancaman pemidanaan dan hukum. Ia membandingkannya dengan pembagian file musik yang disambut dengan permusuhan dari industri musik.

Mereka akan segera menyadari untuk mengembangkan cara menghasilkan uang dari pengunduhan file. “Mereka tak bisa berpikir. Ini adalah lawan yang harus dikalahkan. Mereka harus berpikir tentang bagaimana menghadapinya.”

 

Sumber: http://inilah.com/

Kategori:Uncategorized Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: