Beranda > internet > Mengintip tempat-tempat penyimpan data rahasia

Mengintip tempat-tempat penyimpan data rahasia

Definisi Data Center

Tempat penyimpanan data atau Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik.
Syarat Utama untuk suatu Data Center


Disain dan perencanaan data center harus memperhatikan minimum aspek-aspek berikut :

-Lokasi aman, memenuhi syarat sipil bangunan, geologi, vulkanologi, topografi

-Terproteksi dengan sistem cadangan, untuk sistem catudaya, pengatur udara/lingkungan, komunikasi data

-Menerapkan tata kelola standar data center meliputi :

  • Standar Prosedur Operasi
  • Standar Prosedur Perawatan
  • Standar dan Rencana Pemulihan dan Mitigasi Bencana
  • Standar Jaminan Kelangsungan Bisnis

Perancangan Pusat Data yang Ideal

Kriteria perancangan sebuah data center secara umum antara lain adalah:

  • Ketersediaan

    Data center diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti atau tidak. Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero-failure untuk seluruh komponennya.

  • Scalability dan Flexibility

    Data center harus mampu beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat atau ketika adanya servis baru yang harus disediakan oleh data center tanpa melakukan perubahan yang cukup berarti bagi data center secara keseluruhan.

  • Security

    Data center menyimpan berbagai aset perusahaan yang berharga, oleh karenanya sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non-fisik.

Beberapa Data Center di seluruh Dunia

Wikileaks

Wikileaks membuat banyak negara jadi “meriang” mengingat website yang dimiliki oleh Julian Assange banyak menyimpan dokumen rahasia negara Amerika.

Data center Pionen yang terletak di Vita Berg Park, Stockholm terletak 30 m di bawah tanah dan dilengkapi dengan genset yang biasa digunakan untuk kapal selam.
Saking amannya dan hebatnya, sang pemilik mengatakan bahwa pusat server ini akan terus dapat berjalan walaupun ada perang nuklir, bila tidak uang akan kembali.

White Mountain
White Mountain Data Center adalah salah satu pusat server yang ada di kota Stockholm yang mungkin paling aman di dunia

Google Data Center

Google Data Center memiliki satu kontainer tersebut dapat menyimpan 1.160 komputer (server) dan total container di satu lokasi mencapai 45 buah kontainer sehingga total komputer yang dimiliki oleh satu pusat data adalah 45.000 server/ komputer. Wow!!!!

Yahoo Computing Coop

Data Center baru ini berlokasi di Lockport, New York dengan luas 14.399 m2 yang bisa menampung sekitar 50.000 server di dalamnya.

Yang menarik disini adalah disain bagunan data center yang dibuat atau terinspirasi dari sebuah kandang ayam (Chicken Coop) tetapi tentu saja bukan karena bentuknya saja melainkan disain ini bisa menghemat energi sehingga data center ini tidak perlu AC sama sekali.

Disebut dengan Yahoo Computing Coop (YCC), data center ini hanya menggunakan aliran udara sekitar 1% untuk mendinginkan ruangan yang penuh server dan sistim ini merupakan sebuah sistim passive cooling.

Microsoft Data Center
Data Center milik Microsoft ini katanya nilai investasinya mencapai 500 juta dollar.

Dalam 1 buah container terdapat 2.000 server dan di area data center yang luasnya mencapai 65.000 m2 tersebut terdapat 112 container yang berarti total server yang dimiliki dalam data center ini mencapai 224.000 buah server.

Kategori:internet Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: